Khasiat Liquorice Untuk Kesehatan

By | February 6, 2016

Khasiat Liquorice Untuk Kesehatan

Khasiat Liquorice Untuk Kesehatan

Khasiat Liquorice Untuk Kesehatan Tubuh.

Liquorice atau akar manis merupakan tumbuhan herbal yang sudah digunakan sejak berabad-abad oleh bangsa China untuk mengobati segala macam penyakit. Liquorice termasuk tanaman tahunan yang memiliki bentuk terna dan dapat tumbuh sampai satu meter dengan daun yang tumbuh seperti sayap (pinnate) yang panjangnya 7 sampai 15 cm. Liquorice / akar manis tumbuh dengan baik dalam iklim yang penuh cahaya matahari dan cukup air.

Seiring perkembangan jaman Liquorice (akar manis) selain untuk pengobatan tradisional berbagai penyakit, kini juga telah digunakan sebagai bahan-bahan makanan dan teh herbal. Di Negara-Negara Eropa, Liquorice sering digunakan sebagai bahan untuk pembuatan permen. Salah satu Negara Eropa yang memproduksi permen dengan menggunakan bahan alami Liquorice adalah Inggris yang juga memberikan nama permen tersebut Liquorice allsorts (permen licorice khas Inggris). Selain di Inggris, beberapa Negara Eropa lainnya yang memproduksi permen dari bahan alami Liquorice adalah Belanda. Sementara orang-orang Italia lebih suka mengkonsumsi Liquorice dengan mencabutnya dari tanah dan langsung mengunyahnya sebagai penyegar mulut.

Liquorice (akar manis) memiliki kandungan aktif yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti : saponin triterpenoid, terutama glycyrrhizin, triterpen dan styrenes, sekitar 30 antara flavonoid dan isoflavonoid, kolin, betain dan zat pahit lainnya. Selain itu, Liquorice juga mengandung asam glisiretinat yang merupakan penghambat enzim 11β-hydroxysteroid dehydrogenase (11β-OHSD) type 2 yang berfungsi mengubah menjadi hormon kortison.

Hasil Penelitian Yang Dilakukan Oleh Ahli Kesehatan

Hasil Penelitian

Salah satu penelitian Liquorice (akar manis) yang dilakukan oleh Dr. Kiyoshi Takatsu dari Universitas Toyoma membagi tiga kelompok tikus, satu kelompok diberi makanan normal, kelompok kedua diberi makanan tinggi lemak, kelompok ketiga diberi makanan tinggi lemak yang disertai dengan 0,5 persen Isoliquiritigenin (ISL). ISL adalah flavonoid yang ditemukan dalam akar Liquorice dan beberapa tanaman lain yang bersifat antioksidan, anti-inflamasi, antitumor dan melindungi hati.

Dalam kelompok yang mendapat makanan tinggi lemak, banyak tikus setelah 20 minggu mengalami obesitas, diabetes tipe 2 atau perlemakan hati. Pada tikus yang diberi ISL, kondisi yang disebutkan di atas secara signifikan terjadi lebih jarang, tapi masih lebih tinggi daripada tikus yang diberi makanan sehat.

“Berdasarkan temuan ini, akar Liquorice berpotensi untuk dikembangkan sebagai obat yang efektif untuk diabetes,  selain juga mungkin memiliki manfaat untuk mengendalikan obesitas dan perlemakan hati,” kata Takatsu.

Untuk Anda yang juga memiliki penyakit Gastritis atau penyakit maag disarankan untuk mengkonsumsi Liquorice. Akar Liquorice mengandung sejumlah zat aktif lain, misalnya, mukosa pelindung terhadap virus dan bakteri atau antispasmodik. Teh akar Liquorice membantu meredakan batuk. Sifat anti-inflamasinya juga bermanfaat untuk mengatasi radang mukosa lambung (gastritis), ulkus (borok) lambung atau duodenum.

Selain itu, Liquorice (akar manis) juga memiliki khasiat lain untuk kesehatan. Kandungan aktif lainya yang terdapat pada Liquorice memiliki khasiat untuk menjaga hati dari berbagai virus. Selain untuk menjaga hati, kandungan yang terdapat pada Liquorice juga mampu untuk menurunkan kolesterol jahat serta memiliki khasiat sebagai anti-kanker, terutama kanker hati, kanker payudara, dan kanker prostat.

Itulah sedikit informasi mengenai khasiat Liquorice untuk kesehatan yang patut Anda coba di rumah. Namun kami juga menyarankan agar tidak mengkonsumsi Liquorice (akar manis) secara berlebihan, karena dapat menimbulkan simtoma diuresis dan lebih lanjut menyebabkan tekanan darah tinggi.

Artikel Terkait : Khasiat QnC Jelly Gamat / Obat Penyakit Kulit / Obat Peningkat Trombosit

Khasiat Liquorice Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *