Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan

Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan Tubuh

Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan

Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan Tubuh Dan Untuk Menjaga Kecantikan Wajah Serta Menghambat Datangnya Penuaan Dini.

Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan ,-/Aloe Vera atau dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan Lidah Buaya merupakan salah satu tanaman yang sudah umum digunakan untuk kesehatan oleh masyarakat Indonesia. Secara umum, Aloe Vera (lidah buaya) merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri.

Aloe Vera (lidah buaya) umumnya sering digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit. Namun seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman Aloe Vera (lidah buaya) kini sudah berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman Aloe Vera (lidah buaya) kaya akan kandungan zat-zat, seperti : enzim, saponin, 20 jenis asam amino, aloe emodin, mineral, polisakarida, mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, tanaman Aloe Vera (lidah buaya) memiliki khasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel.

Manfaat Aloe Vera (Lidah Buaya) Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan

Manfaat Aloe Vera (lidah buaya) dapat dikategorikan, seperti untuk kesehatan tubuh. Aloe Vera (lidah buaya) dapat digunakan untuk berbagai keluhan pada tubuh, baik bagian tubuh luar maupun dalam. Selain untuk kesehatan tubuh, Aloe Vera (lidah buaya) juga sangat baik untuk menjaga kecantikan pada wajah, seperti untuk menghilangkan jerawat ataupun masalah lainnya pada wajah. Berikut beberapa khasiat yang terdapat pada Aloe Vera (lidah buaya) untuk kesehatan :

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh

Aloe Vera (lidah buaya) mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas yang terdapat dalam tubuh manusia. Radikal bebas adalah senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dan berkontribusi dalam proses penuaan serta menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Mengkonsumsi Aloe Vera (lidah buaya) secara teratur dengan cara di jus, tubuh akan memiliki antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan kita agar lebih tahan terhadap penyakit.

2. Menjaga Sistem Pencernaan Agar Tetap Sehat

Sistem pencernaan yang sehat diperlukan untuk memastikan bahwa kita mampu menyerap semua nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang kita konsumsi. Aloe Vera (lidah buaya) memiliki kemampuan detoksifikasi alami yang dapat meningkatkan penyerapan protein dan meningkatkan keteraturan fungsi usus. Aloe Vera (lidah buaya) juga dapat mengurangi jumlah ragi ramah dan bakteri yang ditemukan dalam usus dan juga dapat mengurangi masalah pencernaan seperti mulas.

3. Menjaga Kesehatan Agar Terhindar Dari Penyakit Kardiovaskular

Kardiovaskular tidak terlepas dari masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ketika dokter menyuntikkan ekstrak Aloe Vera (lidah buaya) ke dalam darah, secara drastis meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Aloe Vera (lidah buaya) memiliki nutrisi yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lancar, menurunkan kolesterol dan membuat darah lebih encer.

4. Membantu Penderita Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya yang saat ini marak terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Salah satu manfaat Aloe Vera (lidah buaya), diantaranya dapat membantu menyembuhkan penderita diabetes. Salah satu zat yang terkandung dalam Aloe Vera (lidah buaya) adalah Aloe Emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan -substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

5. Dapat Mengatasi Peradangan

Aloe Vera (lidah buaya) memiliki 12 zat yang berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan dan keseluruhan dari zat tersebut tanpa risiko atau efek samping. Selain itu, Aloe Vera (lidah buaya) juga dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku atau nyeri pada sendi.

6. Melangsingkan / Menurunkan Berat Badan

Mengkonsumsi Aloe Vera (lidah buaya) akan membantu tubuh secara alami membersihkan sistem pencernaan. Pola makan yang tidak sehat dapat menyebabkan kelainan dalam sistem pencernaan, dan pencernaan yang sempurna akan membantu Anda menjaga keseimbangan konsumsi dan kelancaran proses buang air besar, selain itu Aloe Vera (lidah buaya) juga dapat mengenyangkan.

7. Meningkatkan Pertumbuhan Pada Rambut

Hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Hawaii, penggunaan Aloe Vera (lidah buaya) untuk rambut rontok telah digunakan semenjak zaman Mesir kuno. Aloe Vera (lidah buaya) mengandung enzim yang secara langsung meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut tampil sehat. Enzim proteolitik yang terdapat dalam Aloe Vera (lidah buaya) mampu membasmi sel-sel kulit mati di kulit kepala yang bisa menyumbat folikel rambut dan menyebabkan sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi. Selain itu, penggunaan Aloe Vera (lidah buaya) untuk shampo/conditioner akan membantu menjaga kesehatan rambut, membuatnya tumbuh lebih sehat dan tidak rontok.

8. Sebagai Anti-Pruritus

Anti-pruritus adalah suatu sifat yang dapat meringankan gatal dan kekeringan yang biasanya terjadi dalam kulit kepala. Penyakit Pruritus dapat terjadi pada kulit termasuk kulit kepala tentunya. Psoriasis adalah penyakit auto-imun ditandai dengan produksi yang berlebihan dari sel-sel kulit. Sifat enzimatik Aloe Vera (lidah buaya) memungkinkan untuk menghancurkan sel-sel kulit mati yang berlebihan. Khasiat Aloe Vera (lidah buaya) juga dapat mengurangi kemerahan, scaling, gatal dan radang kulit kepala yang disebabkan oleh psoriasis, yang secara langsung bermanfaat juga untuk rambut. Dalam sebuah penelitian yang terbitkan dalam Archives of Dermatology, lebih dari 80 persen pasien psoriasis diobati dengan Aloe Vera (lidah buaya) dan menunjukkan perbaikan yang signifikan.

9. Menghambat Penuaan Dini

Seiring dengan bertambahnya usia, setiap orang mulai khawatir tentang penampilan garis-garis halus dan hilangnya elastisitas kulit. Aloe Vera (lidah buaya) mengandung antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan alami kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

10. Sebagai Pelembab & Melindungi Dari Sengatan Matahari

Gel Aloe Vera (lidah buaya) mudah diserap oleh kulit, yang membuatnya dapat dengan mudah melindungi dan memberi kelembaban pada kulit. Selain itu, bagi Anda yang sering make up mungkin gel ini adalah aplikasi yang tepat sebelum melakukan make up.

11. Menghilangkan Jerawat Dan Flek Hitam Di Wajah

Masyarakat Indonesia kebanyakan menggunakan Aloe Vera (lidah buaya) untuk menjaga kesehatan rambut dan menghilangkan jerawat dan flek hitam di wajah. Untuk penggunaan Aloe Vera (lidah buaya) pada jerawat cukup oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat sekali dalam sehari kurang lebih selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Sementara untuk menghilangkan flek hitam lakukan minimal 2x sehari berturut-turut. Dijamin, muka Anda akan mulus dan terbebas dari flek-flek hitam. Walau memakan waktu lama, namun bila dilakukan secara rutin hasilnya pun akan maksimal.

Itulah beberapa Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan yang perlu Anda ketahui. Selain beberapa khasiat yang dituliskan diatas, masih banyak lagi khasiat-khasiat lainnya yang dimiliki Aloe Vera (lidah buaya) ini, diantaranya : untuk menurunkan asam lambung, mengobati luka akibat jatuh, mengobati wasir/ambeien, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan masih banyak lagi khasiat lainnya yang terdapat pada tanaman Aloe Vera (lidah buaya) ini.

: Khasiat QnC Jelly Gamat

Khasiat Aloe Vera Untuk Kesehatan

Comments

comments

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInShare on TumblrPin on PinterestEmail this to someone

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *